Social Engineering

Divisi ini secara khusus mengkaji berbagai macam fenomena sosial yang bergerak dinamis dan kompleks dengan tujuan menyerap dan mengakomodir berbagai macam realitas sosial sebagai bagian dari literasi penelitian. Dalam melakukan penelitian, kami mengembangkan metodologi dan teknologi yang disebut dengan istilah social computation. Fokus kajian dari divisi social engineering ini terbagi menjadi 2 (dua) sub divisi, yaitu:

Social Analytic

Social Analytic

Kegiatan sub divisi ini melakukan analisis terhadap semua aspek kehidupan masyarakat, baik dalam bidang sosial, politik, ekonomi, budaya, hukum, pertahanan dan keamanan. Analisis memfokuskan pada penggalian informasi terkait dengan opini atau persepsi publik di internet dan media sosial terkait isu atau kebijakan tertentu. Pengolahan informasi yang kemudian menjadi data dilakukan oleh sub divisi Social Media Monitoring (SMM) dengan menggunakan sebuah support system Band-IT (Brand Analytic Detector Issue Tracker).

Social Networking and Empowering

Social Networking and Empowering

Kegiatan dari sub divisi ini melakukan pemberdayaan atau edukasi melalui berbagai macam program (training, seminar, workshop, atau pelatihan) terkait dengan pemanfaatan teknologi dan informasi. Kegiatan ini pada dasarnya adalah wujud komitmen moral dan tanggung jawab sosial LPTI terhadap masyarakat sekitar agar memiliki kemampuan dalam menghadapi tantangan perubahan teknologi dan informasi yang semakin cepat.

 

Selain itu, sub divisi ini juga melakukan perluasan jaringan dengan elemen masyarakat dan berbagai komunitas sosial untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan hubungan yang kondusif antara LPTI dan masyarakat. Untuk itu, sub devisi ini melakukan kegiatan-kegiatan non-komersial, seperti: open lab perfilman dan pemberdayaan masyarakat dengan implementasi teknologi terkini, misalnya macro-micronation, pelatihan pemanfaatan limbah pertanian dan industri ethanol